Welcome

"Selamat datang di
RepublikFacebook.blogspot.com. Blog ini menjadi sarana berbagi informasi, how to, dan tips tentang Facebook dan Social Media."

Friday, July 30, 2010

WikiLeaks, Assange dan Rilis ‘Facebook Questions’


Apa hubungan NGO WikiLeaks, yang bikin heboh dunia setelah membocorkan sebagian besar dari 91.000 dokumen kejahatan perang Amerika di Afganistan, dengan Facebook? Saat ini belum ada. Kalaupun ada kaitan, itu karena pendiri WikiLeaks, Julian Assange, punya akun di Facebook. Tapi dalam waktu tak lama lagi, WikiLeaks akan punya 'hubungan' dengan Facebook. Terutama setelah Facebook merilis fitur ‘Facebook Questions’ (Q&A service) pekan ini.

Melalui fitur ini, nantinya jutaan pengguna Facebook bisa bertanya apa saja kepada teman mereka atau siapa pun yang ada di dunia jejaring pertemanan ini setiap hari. Mereka bisa bertanya sekaligus merespon banyak hal dari soal musik, film, cari beasiswa, lokasi kos murah di luar negeri, lokasi wisata keren, tempat makan terenak dan murah, belajar gitar, hingga tentang WikiLeaks dan Julian Assange yang kini jadi musuh nomor satu Amerika. Boleh jadi, nantinya Julian Assange sendiri yang menjawab pertanyaan seputar keberaniannya yang bikin gempar dunia. Pokoknya, fitur ini bisa bikin orang jadi pintar dan melek informasi, karena satu pertanyaan bisa dijawab banyak orang yang lebih paham dari seluruh dunia.

Fitur ‘Facebook Questions’ ini diperkenalkan melalui postingan blog di situs Facebook (28/7). Memang tidak semua orang bisa melihatnya, karena baru ditayangkan terbatas. Bagi yang penasaran bisa melihat di sini (Up Close With Facebook Questions). Facebook masih terus memperbaiki program ini berdasarkan umpan balik awal dari para penggunanya yang kebetulan dapat mengakses fitur ini.

Fitur ‘Facebook Questions’ ini bukan hal baru. Sebab, sudah ada pendahulunya dengan fitur Q&A services juga, antara lain:

· Aardvark (milik Google)

· Amazon’s Askville

· Answers.com

· ChaCha

· LinkedIn Answers

· Mosio

· Quora

· Replyz

· Yahoo Answers

Lalu, apa keistimewaan ‘Facebook Questions’? Sepertinya fitur ini tampil beda dengan menawarkan kelebihan seperti pertanyaan Foto; polling; tagging; eksplorasi topik; dan 'following.' Jangan lupa, semua pertanyaan melalui fitur ini terbuka untuk umum. Jadi, kalau kamu melempar satu pertanyaan di Facebook (apalagi dalam bahasa Inggris), maka kamu sebenarnya sedang bertanya kepada orang di seluruh dunia. Jadi, jangan kaget kalau kamu nanti mendapat segambreng jawaban dari belahan dunia lain. Asyik dan keren, kan.

Aidan Surya Kusuma

Sumber: HuffPost dll

No comments:

Post a Comment